Kuliah Praktisi Kimia Unsur dan Kiprah Alumni Kimia UNAIR di Dunia Industri

Pada Sabtu (10/09/22), Departemen Kimia Universitas Airlangga Surabaya menggelar Kuliah Praktisi bertajuk “Unsur Blok P: Silika dan Aplikasinya” yang bertempat di Ruang Sidang Kimia Fakultas Sains dan Teknologi. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Drs. Muhajir, Quality Manager dari PT. PQ Silicas Indonesia yang merupakan alumni KimiaFMIPA, Universitas Airlangga. Kuliah tamu ini turut dihadiri pimpinan program studi, para dosen, dan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kimia Unsur di semester gasal 2022/2023. 

Mochamad Zakki Fahmi, S.Si., M.Si., Ph.D. selaku ketua Departemen Kimia dalam sambutannya menegaskan bahwasanya kegiatan yang diadakan Departemen Kimia ini bukan hanya sebatas kuliah tamu saja, tetapi dengan acara ini kita bisa mengetahui secara langsung kiprah alumni Kimia-UNAIR di industri dan betapa luasnya prospek kerja kimia. 

Tidak lama berselang, Drs. Muhajir memulai kuliah tamu praktisi, ada 2 bagian yang disampaikan beliau dalam kesempatan ini. Pertama, kimia industri. Kedua, peran yang bisa diambil oleh alumni kimia. Pada bagian pertama, beliau menjelaskan proses produksi silicon dioxide (SiO ) yang berbahan baku sodium silicate (Na OSiO ), sulfuric acid (H SO ), dan sodium chloride (NaCl)

Drs. Muhajir dalam kuliah praktisi mata kuliah Kimia Unsur

“Terima kasih tadi pagi telah menggosok gigi, karena kalian menggunakan pasta gigi berarti kalian adalah customer kami”, tutur Muhajir yang membuat gelak tawa seisi Ruang Sidang Kimia. Drs. Muhajir menjelaskan pengaplikasian dari silika pada berbagai produk, seperti pasta gigi, mie instan, kopi kemasan, makanan cepat saji, dan lain-lain. Setiap bagian dari kerja industri dijelaskan dengan bahasa yang menarik dan mudah dipahami oleh mahasiswa yang masih awam dengan cara kerja industri. Tidak kalah menariknya, narasumber membagikan snack kepada beberapa mahasiswa yang dapat menjawab pertanyaan di tengah sesi pemaparan materi, sehingga mahasiswa semakin antusias untuk menjawab setiap pertanyaan yang ia berikan. 

Ia berharap dengan pemberian materi ini mahasiswa semakin mengerti dan paham terkait gambaran kimia di dunia industri. “Ya saya berharap setelah kuliah ini, kalian dapat gambaran nanti kalau sudah lulus dari sini, kalau kita mau terjun ke dunia industri dan kira-kira apa aja yang ada di industri”, harap Muhajir. “Saya salut dengan programnya dari Departemen mengundang alumni-alumni yang kebetulan bergerak atau berkarir di industri, menurut saya bagus, di satu sisi saya mengamalkan ilmu dan dari mahasiswa dapat mengetahui terjun industri itu seperti apa, yang menjadi nilai positif untuk kalian semua”, tambah beliau yang bangga dengan program yang diadakan Departemen Kimia saat ini. 

Acara yang dipandu moderator muda Sharon Brigidte Noya, mahasiswa S1 Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi ini berjalan lancar dari awal hingga akhir. Sementara itu, para mahasiswa juga sangat antusias dan semangat yang ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan kepada narasumber yang luar biasa ini. Penulis: Yasmin Putri Nurjihan Editor: Qurrota A’yun