Kimia UNAIR meraih hibah dari program Kompetisi Kampus Merdeka pada semester gasal tahun ajaran 2022-2023

PKKM merupakan program kompetisi terbuka, dengan sistem seleksi berkelompok (tiered system). PKKM dapat mencakup program studi dan program di tingkat institusi yang diutamakan untuk sistem pengelolaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau disebut Institutional Support System (ISS) – MBKM. Secara khusus PKKM di tingkat program studi bertujuan untuk meningkatkan mutu, relevansi dan inovasi pendidikan tinggi untuk merespon dan mengantisipasi perkembangan IPTEK di masa depan sesuai dengan keunggulan program studi dan meningkatkan kerjasama dengan DUDI dan top world class universities dalam rangka transformasi pendidikan tinggi untuk mendapatkan pengakuan internasional dan meningkatkan daya saing bangsa. PK-KM ISS-MBKM secara khusus ditujukan untuk memperkuat tata kelola MBKM dan memfasilitasi implementasi kampus merdeka untuk mendukung transformasi pendidikan tinggi yang dilaksanakan di seluruh program studi.

Proses Seleksi PKKM di Jakarta

Setelah melalui serangkaian proses seleksi, Kimia UNAIR menjadi salah satu penerima bantuan PKKM Tahun Anggaran 2022 Gelombang I. Hal tersebut berdasarkan pada surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nomor 0544/E.E3/PM.00.03/2022 tanggal 5 Juli 2022. Selain Kimia, lembaga lain di lingkungan Universitas Airlangga yang juga mendapatkan hibah yaitu Program Studi Ekonomi Pembangunan, Program Studi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan, serta ISS-MBKM.

Universitas Airlangga termasuk dalam penerima hibah kategori Liga 1. Perguruan tinggi Liga 1 diharapkan telah memiliki landasan yang kuat untuk melakukan loncatan aksi dalam melakukan transformasi perguruan tinggi pada level internasional berdasarkan niche masing-masing perguruan tinggi, sehingga PKKM Liga 1 diharapkan mempercepat program studi untuk mencapai kinerja yang diakui di tingkat internasional. Perguruan tinggi juga didorong bertransformasi menjadi perguruan tinggi yang lebih mandiri dan sehat serta memiliki keunggulan pada pendidikan, penelitian, atau pengabdian pada masyarakat, sesuai dengan diferensiasi misi yang dimilikinya.

Selamat kepada Departemen Kimia UNAIR! Semoga seluruh rancangan kegiatan dalam PKKM 2022 dapat terlaksana dengan baik dan memberikan banyak manfaat bagi seluruh sivitas akademika Kimia UNAIR.

Penulis: Fatiha Khairunnisa

Editor: Qurrota A’yuni