Kimia UNAIR Gandeng Dr. Yoshinaka Takaya dalam Webinar Isolasi, Elusidasi, dan Modifikasi Produk Alam

Departemen Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga kembali mengadakan webinar kuliah tamu dalam bidang kimia bahan alam mengenai Isolation, Structure Elucidation, and Modification Strategy of  Natural Organic Products” oleh Assoc. Prof . Dr. Yoshiaki Takaya. Webinar ini diikuti oleh mahasiswa dari Universitas Airlangga dan beberapa Universitas di Indonesia, Malayasia, dan Myanmar (27/11)

Assoc. Prof . Dr. Yoshiaki Takaya adalah Dosen di Fakultas Farmasi, Universitas Meijo, Nagiya, Jepang. Saat ini penelitian beliau sedang berfokus pada evaluasi senyawa biologis aktif dari tanaman dan mikroorganisme, termasuk struktur kimia, serta desain dan sintesis senyawa bioaktif dengan mekanismenya. Selain itu, Beliau juga aktif berkolaborasi dengan  kelompok penelitian bahan alam Assoc. Prof . Dr. Nanik Siti Aminah dari Departemen Kimia, Univeristas Airlangga sejak Tahun 2003.

Webinar online via zoom

Lulusan S-3 Universitas Hokkaido ini menjelaskan mengenai teknik-tenik isolasi terkini dan konvensional menggunakan berbagai model teknik kromatografi. Selain itu, pembahasan mengenai setiap kelompok golongan senyawa-senyawa metabolit sekunder pun juga dijelaskan beserta mekanisme biosintesisnya. Kemudian, beliau juga memaparkan bagaimana menganalisis 1D dan 2D NMR dengan mudah sehingga bisa langsung diketahui senyawa tersebut termasuk golongan senyawa metabolit sekunder yang mana. Di sesi akhir beliau menjelaskan peluang pada stategi modifikasi desain dan sintesis produk organik alami.

Beliau juga mengungkapkan dengan banyak belajar dan berlatih kita bisa mengisolasi senyawa murni yang kita inginkan dengan mudah dan efisien, begitupula ketika kita mengelusidasi senyawa yang diinginkan serta mendesain dan mesintesis senyawa diperlukan strategi modifikasi teknik yang dilakukan.


Author: Alsya Firdausi Nuzula

Editor: Qurrota A’yuni