Nanik Siti Aminah, Dosen Kimia UNAIR, Raih Predikat Penulis Jurnal Terproduktif

Pada peringatan Dies Natalis ke-67 Universitas Airlangga, Rektor UNAIR memberikan penghargaan kepada para Peneliti/Dosen/Akademisi. Salah satunya adalalah predikat Penulis Jurnal Terproduktif. Dr. Nanik Siti Aminah, S.Si., M.Si. yang merupaka dosen Departemen Kimia Universitas Airlangga mendapatkan predikat sebagai Penulis Jurnal Terproduktif III bidang Sains dan Teknologi (SAINTEK). Hal ini dilihat dari jumlah publikasi yang telah dihasilkan.

Menurut Dr. Nanik, penghargaan tersebut merupakan untuk kelompok risetnya. Karena pencapaiannya saat ini merupakan hasil dari kerjasama berbagai pihak. Mulai dari riset kerjasama luar negeri, riset kerjasama institusi, serta mahasiswa post doctoral. Pada saat ini, Ia beserta kelompok risetnya memperoleh 5 Hibah Penelitian yang mana luaranya berupa publikasi pada jurnal internasional bereputasi.

Adapun topik penelitian yang hingga saat ini ia geluti adalah Natural Product Chemsitry: Isolasi Senyawa metabolit sekunder. Kemudian senyawa yang diperoleh dilakukan uji aktivitasnya. Selain itu, juga dilakukan modifikasi senyawa hasil isolasi.

“Alhamdulillah, artinya karya kami bersama tahun ini mulai diapresiasi oleh universitas” Ujarnya. Ia berharap kedepannya hal ini dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk mau bekerja keras. “Kita harus kerja keras, sepandai apapun mahasiswa kalau tidak mau bekerja di lab tidak pernah mau menulis maka tidak akan terlihat karyanya. Selain itu, kerjasama juga merupakan hal penting yang perlu dilakukan.”  Ucap Dr. Nanik sebagai motivasi.

Penulis: Mikhail Naufal

Editor: Qurrota A’yuni