Pengabdian Kepada Masyarakat Departemen Kimia FST Universitas Airlangga 2019

Departemen Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga, pada tahun 2019 ini berkesempatan untuk mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PengMas). Kegiatan yang merupakan bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi ini dilaksanakan di dua tempat, Yakni Dinas Pertanian dan Perternakan Kabupaten Gresik dan Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN 1) Gresik. Pemilihan daerah ini dilandaskan kepada jarak Kabupaten Gresik dengan Universitas Airlangga yang masih terjangkau dan termasuk dalam zona PengMas Unair.

Untuk Kegiatan PengMas di MAN 1 Gresik diberikan dalam bentuk pelatihan yang bertajuk PEMBINAAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS MEDIA SOSIAL KEPADA GURU SMAN DI WILAYAH GRESIK. Kegiatan ini dilaksanakan pata tanggal 6-7 September 2019. Pelatihan ini diikuti oleh 43 peserta yang mayoritas merupakan guru-guru MAN I Gresik, dalam kesempatan ini para guru-guru sangat berantusias karena mereka mendapatkan pengtahuan baru bagaimana memanfaatkan media sosial untuk membantu dan meningkatan antusias siswa dalam belajar, terutama ilmu kimia.

Suasana Kegiatan Pelatihan

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas Sains dan Teknologi dengan MAN 1 Gresik dalam upaya membentuk kerjasama yang saling menguntungan antara kedua Institusi ini dalam dalam hal Pendidikan-pengajaran dan lainnya. Seiring dengan kegiatan pelatihan, para siswa-siswi kelas XII berkesempatan mendapatkan materi motivasi dan pembekalan pemilihan perguruan tinggi negeri, tentunya juga promosi Departemen Kimia dan Universitas Airlangga.