Penguatan Mata Kuliah Senyawa Logam Organik Departemen Kimia Adakan Kuliah Tamu Praktisi Dengan Tema Dye Dan Aplikasinya

Pada hari Sabtu (24/9) Departemen Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga menyelenggarakan Kuliah Tamu Praktisi bertajuk “Dye dan Aplikasinya”. Kuliah tamu ini dilaksanakan secara daring melalui platform zoom meeting dengan menghadirkan pemateri Safrudin, S.Si., M.Si yang merupakan praktisi pada bidang pewarna atau pigment dan merupakan salah satu alumni dari Departemen Kimia Universitas Airlangga. Safrudin telah berpengalaman sebagai R&D dan Technical Manager PT Putramataram Coating International dan saat ini bekerja di Country CTS & Color Lab AkzoNobel Wood Finishes and Adhesive Indonesia. acara ini didampingi oleh Harsasi Setyawati, S.Si., M.Si. yang merupakan dosen mata kuliah Senyawa Logam Organik di Departemen Kimia Universitas Airlangga. 

Pembahasan kuliah tamu yang disampaikan oleh Safrudin, M.Si. mulai dari pengenalan Dye hingga aplikasi kimia anorganik dan organik pigment, kemudian beliau juga mengenalkan istilah non volatile material yang dikenal sebagai material yang dapat dilihat fisiknya sedangkan volatile material yang hanya sebagai media penghantar. Kuliah tamu juga diselingi penayangan beberapa video untuk menambah pemahaman mahasiswa terhadap Dye dan Aplikasinya.

Pemaparan terkait Organic pigment

Kuliah tamu praktisi ini selaras dengan dua mata kuliah di Departemen Kimia yakni Senyawa Logam Organik (SLO) dan Kimia Fisik. Manfaat dari kuliah tamu praktisi ini yakni untuk membuka wawasan mahasiswa sehingga mereka mengetahui manfaat dan capaian dari mata kuliah tersebut. Tidak hanya mahasiswa program Sarjana Kimia yang hadir pada kuliah tamu praktisi kali ini, mahasiswa program Magister Kimia juga ikut serta dalam kegiatan tersebut. Meski diselenggarakan secara daring, tidak mengurangi antusiasme dari mahasiswa S1 dan S2 Kimia FST Universitas Airlangga dalam mengikuti kegiatan yang bermanfaat ini.

Penulis : Nabila Rahma Octavia Editor: Qurrota A’yuni