Dosen Kimia UNAIR Berikan Materi Terkait Makanan Sehat Dan Halal Dalam Webinar Yang Diadakan Oleh DWP KJRI Karachi, Pakistan

Surabaya — Dharma Wanita Persatuan (DWP) KJRI Karachi menggelar Webinar bertajuk Makanan Sehat dan Halal pada Senin (15/5/2023). Seminar digelar secara hybrid di Ruang Nusantara KJRI Karachi, Pakistan dan zoom meeting serta diikuti oleh ratusan kader DWP KJRI dari berbagai negara di dunia. 

Hadir sebagai narasumber, 2 dosen Program Studi Kimia Universitas Airlangga. Prof. Dr. Pratiwi Pujiastuti, M.Si dan Dr. Muji Harsini, M.Si. 

Dr. Muji Harsini, M.Si, dosen Kimia Analitik Unair berkesempatan menyampaikan materi dengan tema Mengenali Bahan Tambahan Pangan yang Aman Dikonsumsi. Beliau menjelaskan identifikasi bahan pewarna makanan alami dan buatan, bahaya pewarna makanan bagi kesehatan, bahaya pemanis buatan yang mempunyai tingkat kemanisan tinggi, memahami istilah dalam penggunaan gula seperti sugar free, less sugar, no added sugar, dan unsweetened. Beliau juga memberikan wawasan mengenai minuman berenergi sangat berbahaya apabila dikonsumsi secara terus menerus hal ini dapat berakibat pada gagal jantung, membuat kecemasan, gagal ginjal dan membuat ketagihan. Selain itu, beliau menyampaikan beberapa bahan pengawet yang diperbolehkan dan juga pengawet yang tidak diperbolehkan dalam makanan, contohnya boraks, formalin dan nitrit serta cara membedakan makanan yang mengandung pengawet berbahaya tersebut. Terakhir sebelum sesi pemaparan materi selesai, beliau memberikan beberapa tips untuk konsumen yang mengandung bahan makanan yang mengandung BTP salah satunya yaitu selalu membaca komposisi bahan yang terdapat pada label kemasan dan amati kelayakan daya simpan produk sesuai dengan kemasan dan komposisinya, serta kewaspadaan jika terdapat situasi tidak logis.

Sedangkan Prof. Dr. Pratiwi Pujiastuti, M.Si dosen Kimia Organik Unair berkesempatan menyampaikan materi dengan tema Makanan-minuman, Obat, Kosmetik dan Barang Gunaan yang Syubhat dan Tidak Halal. Beliau menjelaskan beberapa hal mengenai makna halal dan haram, tujuan jaminan produk halal, ayat-ayat dalam Al-qur’an, Sejarah berdirinya BPJPH, produk yang diturunkan non-halal/babi, produk makanan, minuman, kosmetik, obat dan terakhir barang gunaan dari non-halal/babi. Dari beberapa materi tersebut, yang paling ditekankan adalah produk makanan, minuman, kosmetik, obat yang berada di sekitar kita ternyata berasal dari babi seperti kuas, gelatin, arang, kapsul, kosmetik yang mengandung kolagen dari babi, jaket dari bulu babi dan lain lain.

Meskipun kegiatan ini dilaksanakan secara online, akan tetapi tidak mengurangi rasa antusiasme para partisipan dalam mengikuti kegiatan ini. Hal ini terlihat dari banyaknya partisipan yang mengajukan pertanyaan pada sesi diskusi. Para partisipan juga memberikan ucapan terima kasih kepada pemateri karena ilmu yang diberikan sangat bermanfaat. 

Penulis : Aida chiswatul anwar & Anisa madhaniah anwar 

Editor : Qurrota A’yuni