Diseminasi Penelitian Mahasiswa S2 Kimia UNAIR: Paparkan Riset Terkait Hemodialisis Treatment, Kanker, Hingga Aktivitas Antimikroba

Berakhirnya semester genap 2021/2022 bukan menjadi akhir perjuangan para mahasiswa semester 4 Pascasarjana. Setelah menyelesaikan penelitian serta sidang hasil thesis, para mahasiswa dianjurkan untuk melakukan deseminasi penelitian yang telah mereka lakukan. Calon lulusan magister kimia pada tahun ini berjumlah 3 orang yakni Hamizah Haula’ mahasiswi asal Indonesia dan 2 mahasiswa internasional yakni Musbahu Adam dan Abdullohi Musa asal Nigeria. Desiminasi telah dilaksanakan secara online pada 3 September 2022 pukul 09.00-11.30 WIB melalui Zoom meeting. 

Hamizah Haula’ dari bidang kimia analitik menyajikan penelitian tesisnya dengan judul “Imprinted Zeolite-Indoxyl Sulfate for Removal Uremic Toxin Indoxyl Sulfate in Hemodialysis Application”. Selanjutnya Musbahu Adam dari bidang kimia fisik menyajikan penelitian tesisnya dengan judul “An prespective on Using Organic Molecules Composing Carbon Dots for Cancer Treatment”. Presenter terakhir oleh Abdullahi Musa dari bidang kimia organik yang melakukan review artikel untuk tesisnya dengan judul “Antimicrobial Activity of The Extracs and Secondary Metabolite Compounds from Clausena Genus”. 

Acara ini dihadiri oleh 22 partisipan yang terdiri dari mahasiswa S2 dan beberapa dosen kimia. Deseminasi dipandu oleh MC Nikita yang merupakan mahasiswa S2 Kimia UNAIR. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Airlangga. Selanjutnya, acara dibuka dengan sambutan dari Koordinator Program Studi S2 Kimia UNAIR yakni Yanuardi Raharjo, S.Si., M. Sc., Ph. D. Seusai pemapara dari ketiga narasumber, sesi tanya jawab tak lupa dibuka oleh MC di setiap akhir presentasi. Beberapa peserta cukup antusias terhadap materi yang disajikan oleh narasumber. Dedi, salah satu mahasiswa baru S2 yang cukup antusias mengenai riset Hemodialisis yang disampaikan oleh Hamizah, memberikan pertanyaan terkait deteksi dini adanya racun Indoksil Sulfat pada penderita gagal ginjal dan lama proses hemodialisis yang harus dijalani oleh penderita gagal ginjal. Dari pertanyaan tersebut menghadirkan diskusi antar mahasiswa yang cukup menarik tentunya bagi para peserta terlebih mahasiswa baru. Sesi terakhir ditutup dengan doa dan foto bersama oleh panitia.

Diseminasi Mahasiswa S2

Penulis: Hamizah Haula’ 

Editor: Qurrota A’yuni