Departemen Kimia UNAIR Tanamkan Semangat Meneliti pada Siswa SMA Pangkalan Bun, Disertai Dialog Bersama Mahasiswa Internasional UNAIR

Tri dharma perguruan tinggi merupakan aspek penting yang perlu dimplementasikan oleh seluruh civitas akademika universitas. Satu dari tiga komponen tri dharma perguruan tinggi adalah pengabdian masyarakat. Pada Selasa (23/08/2022), dosen bersama mahasiswa dari kelompok bidang kimia organik, Departemen Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga melakukan pengabdian masyarakat kepada siswa SMA se-Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin-Barat, Kalimantan Tengah. Kegiatan ini diselenggarakan di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun dan dihadiri oleh 200 siswa kelas 12 yang berasal dari SMA Negeri 1, 2, dan 3 Pangkalan Bun beserta 34 mahasiswa internasional yang terdiri atas alumni Kimia Unair dan mahasiswa dari beberapa universitas mitra departemen Kimia Unair secara virtual. 

Pengabdian masyarakat ini terdiri atas dua acara yakni sosialisasi pendidikan dan demo penelitian. Acara sosialisasi pendidikan dimaksudkan untuk mengenalkan Universitas Airlangga khususnya Departemen Kimia kepada siswa-siswa SMA yang berdomisili di luar pulau Jawa. Sementara itu, demo penelitian ditujukan untuk menggali minat siswa supaya dapat berpikir ilmiah dan kreatif guna mempersiapkan dunia perkuliahan di masa mendatang. Kegiatan ini disambut baik oleh kepala sekolah SMA Negeri 1 Pangkalan Bun, Drs. Ridwan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya siswa untuk melanjutkan pendidikan sarjana di era industri 4.0 karena siswa- siswa dengan kompetensi baik yang akan berhasil dalam persaingan dunia kerja. Selain itu, acara ini juga dibuka dengan sambutan dari perwakilan Departemen Kimia Unair, Prof. Dr. Nanik Siti Aminah, M.Si. yang mana beliau memotivasi para calon mahasiswa untuk belajar dengan giat dan tidak pantang menyerah dalam menggapai cita- cita.

Kegiatan sosialisasi pendidikan dan demo penelitian kepada Siswa SMA Pangkalan Bun

Kegiatan sosialisasi pendidikan disampaikan oleh Ummi Zubaidah, S.Si. bersama dengan Alsya Firdausi Nuzula, S.Si. Selama acara, para siswa dikenalkan dengan berbagai hal terkait Universitas Airlangga seperti sejarah, prestasi universitas, jalur penerimaan mahasiswa baru, peluang beasiswa dan karir sebagai lulusan Unair. Acara sosialisasi ini menjadi semakin menarik ketika mahasiswa tidak hanya mendapatkan informasi dari penyampaian materi presentasi tetapi juga kesempatan untuk berbincang dengan mahasiswa internasional yang hadir virtual. Dalam hal ini, mahasiswa internasional berperan sebagai narasumber yang berbagi cerita pengalaman baik akademik maupun nonakademik yang didapat selama studi di Unair juga kesan mereka tentang bagaimana Unair ikut berkontribusi dalam menunjang karir mereka. Kegiatan juga dipermanis dengan tambahan permainan interaktif di sela-sela penyampaian materi dan diskusi sehingga acara dapat berjalan dengan menyenangkan. 

Kegiatan kedua adalah demo penelitian yang disampaikan oleh Andika Pramudya Wardana, S.Si., M.Si. Demo penelitian ini meliputi skrining sederhana kandungan formalin pada sampel jajanan sekolah menggunakan bahan alam dan demo teknik pemisahan zat warna menggunakan kromatografi kertas. Para siswa sangat antusias ketika diminta untuk mempraktekkan langsung kedua penelitian tersebut. Siswa- siswa juga diberi kesempatan untuk mendiskusikan bagaimana mekanisme dan dasar teori dari kedua demo penelitian. Demo penelitian ini diharapkan dapat melatih siswa untuk mengkorelasikan teori pelajaran dengan aplikasinya dalam kehidupan. 

Pengabdian masyarakat ini menjadi kesan sekaligus membuka wawasan siswa-siswa SMA bahwa dunia perkuliahan itu menarik karena perkuliahan tidak hanya sekedar belajar tetapi juga dapat meneliti dan menjalin kerjasama juga koneksi dengan dunia internasional. Tanggapan baik dari kegiatan pengabdian ini juga ditunjukkan oleh guru. Melansir dari ketua MGMP Kimia Pangkalan Bun, Ibu Siti Arodah, beliau sangat senang dengan adanya pengabdian masyarakat ini karena para siswa dapat memperoleh wawasan perkuliahan sekaligus dapat secara langsung memperoleh materi beserta penelitian kimia sederhana yang sebelumnya kurang maksimal didapatkan oleh siswa karena pembelajaran dilakukan daring akibat pandemi covid-19. 

diunggah ulang oleh admin dari UNAIR NEWS Departemen Kimia UNAIR Ajak Siswa SMA Pangkalan Bun Belajar Meneliti dan Berbincang Bersama Mahasiswa Internasional – Universitas Airlangga Official Website