Departemen Kimia FST UNAIR Sukses Selenggarakan Konferensi Internasional Bertajuk Conference on Sustainable Chemistry and Industry (COSCI) 2022

Departemen Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga sukses selenggarakan konferensi internasional yang bertajuk CONFERENCE ON SUSTAINABLE CHEMISTRY AND INDUSTRY (CoSCI) 2022 pada tanggal 28 September 2022 secara hybrid. Kegiatan CoSCI ini sendiri sudah diadakan untuk ketiga kalinya dan pada tahun ini mengusung tema “Welcoming on Self-Reliance of Chemical Raw Material to Promote Industrialization in Indonesia”. Sesuai dengan tema kegiatan tersebut, maka tahun ini CoSCI menghadirkan pembicara yang ahli dan kompeten di bidang tersebut dari berbagai negara. Total terdapat 5 negara yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, baik yang berasal dari peserta maupun pembicara, diantaranya: Indonesia, Malaysia, Pakistan, Amerika, dan Jepang. Kegiatan conference ini dilaksanakan secara hybrid di Hotel Harris Surabaya dan online melalui Zoom Meeting.

Peserta CoSCI dari Zoom Meeting

CoSCI 2022 dibuka oleh Ketua Departemen Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga, Mochamad Zakki Fahmi, M.Si., Ph.D. Kegiatan international conference menghadirkan keynote speakers yang juga ahli dan kompeten di bidangnya dari berbagai negara, yaitu Prof. Dr. Ir. M. Faiz Syuaib, M.Agr dengan topik Policy on Independence of Raw Materials for Chemical Drugs and Medical Devices. Bapak. FX Sudirman, drh selaku Director PT Biotis Pharmaceuticals dengan topik Merah Putih Vaccine Industry. Dan Prof. Dr. Muhammad Iqbal Choudhary (ICBBS) selaku Director, International Center for Chemical and Biological Sciences dan Coordinator General COMSTECH (Organization of Islamic Cooperation Standing Committee on Scientific and Technological Cooperation) yang membahas topik Material Science Industrial. 

Tidak hanya itu, pada kegiatan conference juga diisi oleh invited speakers yang terbagi menjadi dua sesi, di mana masing-masing sesi terdiri dari empat kelas yang berbeda. Kelas dengan bidang Life Sciences diisi oleh Prof. Yoshiaki Takaya dari Meijo University, Jepang dan Dr. Hery Suwito, M.Si dari Universitas Airlangga. Sementara itu, kelas dengan bidang Medical diisi oleh Dr. Rafat Siddiqui dari Virginia State University, USA dan Prof. Afaf Baktir, M.Si. dari Universitas Airlangga. Kelas bidang Analytical and Environmental Chemistry diisi oleh Dr. Wei Lun Ang dari Universiti Kebangsaan Malaysia, Malaysia dan Satya Candra Wibawa Sakti, Ph.D dari Universitas Airlangga. Serta kelas dengan bidang Material and Industrial Chemistry diisi oleh Mr. Norholis Majid.

Penulis: Aida Chiswatul Anwar

Editor: Qurrota A’yuni