Para KPS mempromosikan program pascasarjana Fakultas Sains dan Teknologi UNAIR di Samarinda dan Makassar.

Para Koordinator Program Studi (KPS) memberikan informasi secara detail tentang program studi pascasarjana di FST-UNAIR pada kegiatan promosi dan sosialisasi program pascasarjana FST Unair yang berlangsung 2-5 Agustus 2022 di Samarinda-Makassar. Pada kesempatan tersebut, para KPS juga menyampaikan berbagai informasi penelitian, research group, achievement pada setiap program studi, dan jenis beasiswa yang dapat dimanfaatkan oleh calon mahasiswa pascasarjana FST-UNAIR. Antusiasme para mahasiswa sarjana dan dosen pada jurusan Biologi, Kimia, Fisika, dan Matematika sangat besar sekali. Banyak dari mahasiswa yang masih menempuh kuliah S1 menggali informasi untuk dapat melanjutkan studi S2 di FST-UNAIR. Tidak hanya mahasiswa, para dosen yang masih bergelar magister juga memiliki semangat yang besar untuk dapat segera melanjutkan studinya ke level S3. Pada kesempatan ajang promosi dan sosialisasi program pascasarjana tersebut, para KPS juga mendapatkan kesempatan untuk inisiasi kerjasama dan berdiskusi MoA dengan berbagai Universitas, yakni:

 

  1. Universitas Mulawarman, Samarinda
  2. Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  3. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda
  4. Universitas Hasanuddin, Makassar

 

Kerjasama yang diinisiasi berfokus pada tri dharma perguruan tinggi yakni pendidikan antara lain pertukaran pelajar, pembelajaran bersama melalui program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM), kolaborasi penelitian dan publikasi, serta pengabdian kepada masyarakat. Selain melakukan aktivitas sosialisasi-promosi program pascasarjana dan inisiasi kerjasama, para KPS juga berkesempatan untuk mengisi kuliah tamu sebagai bagian dari branding institusi dan pengabdian kepada masyarakat. Aktivitas ini disambut sangat antusias oleh para dosen, mahasiswa, dan pejabat prodi-fakultas-universitas. Diharapkan aktivitas ini memberikan dampak besar terhadap branding prodi, fakultas, dan universitas.

Program Pascasarjana Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (FST-UNAIR) yang terdiri dari S2 Biologi, S2 Kimia, S2 Teknik Biomedis, S2 Matematika dan S3 MIPA terus melakukan upaya peningkatan jumlah mahasiswa baik mahasiswa lokal maupun mahasiswa asing. Upaya yang telah dilakukan oleh setiap prodi pascasarjana FST-UNAIR adalah promosi prodi melalui media online baik website maupun berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll. Upaya penyebaran booklet pascasarjana Fakultas Sains dan Teknologi juga terus diupayakan. Penyelenggaraan kuliah tamu dan kuliah umum yang dilakukan baik pada skala nasional dan internasional yang menghadirkan dosen tamu dari luar negeri juga telah diusahakan oleh setiap prodi pada setiap tahun. Kegiatan kolaborasi penelitian, pembimbingan tesis, maupun kolaborasi publikasi juga telah diupayakan untuk peningkatan jumlah mahasiswa asing.

 

Promosi di Universitas Mulawarman, Samarinda

Aktivitas promosi Program Studi Pascasarjana FST-UNAIR pada tengah tahun ini (2022) diselenggarakan promosi kunjungan para KPS Pascasarjana FST-UNAIR yang terdiri dari KPS S2 Biologi (Prof. Dr. Alfiah Hayati, M.Si.), S2 Kimia (Yanuardi Raharjo, S.Si., M.Sc., Ph.D.), S2 Teknik Biomedis (Prof. Dr. Suryani Dyah Astuti, M.Si.), S2 Matematika (Dr. Nur Chamidah, M.Si.), serta KPS S3 MIPA (Dr. Dwi Winarni, M.Si.). Pada kesempatan ini, para KPS Program Pascasarjana berkesempatan melakukan kunjungan akademik ke 7 Universitas besar di Samarinda, yaitu;

 

  1. Universitas Mulawarman
  2. Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  3. Politeknik Negeri Samarinda
  4. Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  5. UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  6. Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Kalimantan Timur
  7. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda

 

Selain itu juga berkesempatan berkunjung ke 5 Universitas besar di Makassar, yaitu;

  1. UIN Alauddin Makassar
  2. Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Makassar
  3. Universitas Negeri Makassar
  4. Universitas Muhammadiyah Makassar
  5. Universitas Hasanuddin