Hamizah Haula, santri asal Sidoarjo, meraih gelar Magister bidang Kimia Analitik di Universitas Airlangga

Hamizah Haula’, mahasiswa S2 Kimia Unair angkatan 2020 telah berhasil menyelesaikan ujian akhir tesisnya. Mahasiswi bimbingan Yanuardi Raharjo, S.Si., M.Sc., Ph.D dan Dr. Miratul Khasanah, M.Si ini telah melangsungkan ujian tertutup secara luring pada tanggal 20 Juli 2022 pukul 09.40-11.40 WIB bertempat di Ruang S2 Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga. Tesisnya yang berjudul “Imprinted Zeolit-Indoksil Sulfat untuk Pembersihan Racun Uremik Indoksil Sulfat pada Aplikasi Hemodialisis” ini telah dipaparkan dengan sangat memuaskan dihadapan 5 dosen penguji, yaitu Yanuardi Raharjo, S.Si., M. Sc., Ph. D sebagai ketua tim penguji, Dr. Miratul Khasanah, M.Si., Dr. Alfa Akustia Widati, M.Si, Dr. Sri Sumarsih, M.Si., dan Mochammad Zakki Fahmi, M.Si., Ph.D. sebagai anggota penguji.

Hamizah dan para penguji

Terdapat beberapa pertanyaan dan saran untuk menyempurnakan naskah tesis Hamizah, seperti yang disampaikan oleh Dr. Sri Sumarsih, M.Si “Uji biokompatibilitas IZ-IS dalam membran Hollow Fiber kedepannya bisa dilakukan sebagai pembanding dengan IZ-IS dalam bentuk serbuk”. Selain itu, suasana sidang berlangsung dengan hangat, diselingi diskusi yang sangat membantu mahasiswi dalam memperbaiki tesis yang telah dipaparkan. Sebagai syarat menempuh jenjang magister, Hamizah telah memiliki publikasi berupa review jurnal dengan judul ” Dialysis Membrane for Acute Kidney Injury” yang dipublikasikan pada Jurnal Membranes.

Hamizah yang merupakan lulusan pondok pesantren dan S1 Kimia Universitas Negri Malang berharap melalui penelitiannya dapat membantu perawatan pasien gagal ginjal untuk dalam pengobatan hemodialisis.