Mengagumkan, KPS S2 Kimia Raih Penghargaan Dosen Berprestasi Bidang Sains dan Teknologi UNAIR

Yanuardi Raharjo, S.Si., M.Sc., Ph.D. yang merupakan Koordinator Program Studi (KPS) S2 Kimia terpilih menjadi salah satu dosen berprestasi Universitas Airlangga 2021 bidang sains-teknologi pada pagelaran acara Dies Natalies Ke-67 UNIAR. Keikutsertaan beliau dalam seleksi ini merupakan hasil motivasi Ketua Departemen Kimia, Wakil Dekan II FST dan Dekan FST. Namun, pada akhirnya beliau dapat menunjukkan pada ketua departemen serta wakil dekan II FST bahwa pilihan mereka tidak salah dengan meraih penghargaan menjadi dosen berprestasi dalam kompetisi ini.

Yanuardi dosen terbaik-II bidang Saintek UNAIR

Pria kelahiran Sidoarjo, 3 Januari 1984 tersebut sebelumnya telah meraih berbagai prestasi. Adapun prestasi yang telah beliau raih di Tahun 2021 adalah memiliki 4 Hak Paten yang berfokus pada membran hollow fiber, 4 Publikasi ter-indeks SCOPUS, dan beberapa karya penelitian seperti mesin spinning membran hollow fiber, membran hemodialisis, dan UNAIR’s Air Purifier untuk COVID-19.

Dosen yang berfokus pada bidang kimia analitik tersebut ini pun menjelaskan tentang inovasi yang telah ia lakukan selama mengajar. Adapun inovasi tersebut adalah mengombinasikan pembelajaran dengan media video pembelajaran dan live streaming bersama perwakilan mahasiswa dan asisten dosen. Selain itu, beliau juga menyediakan borang untuk diisi mahasiswa seputar Program S-2 Kimia dalam peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran mahasiswa.

Tidak hanya di bidang penelitian dan pengajaran, Yanuardi Raharjo, S.Si., M.Sc., Ph.D., juga telah melakukan pengabdian masyarakat bersama Fakultas Sains dan Teknologi dalam edukasi pemanfaatan obat tradisional sebagai upaya pemeliharaan dan perawatan kesehatan.

Saat ini beliau menjabat sebagai Koordinator Program Studi S2 Kimia serta telah berkiprah sebagai Auditor Internal Program studi, FST, UNAIR dan AIMS/AMI UNAIR hingga saat ini. Melalui penghargaaan yang diraihnya sebagai dosen berprestasi terbaik ke-II bidang saintek, ia berharap lebih banyak dosen muda UNAIR yang termotivasi untuk berkarya di bidang penelitan, pengabdian masyarakat, dan pengajaran. Beliau mengungkapkan moto kerja yang mengiringi keberhasilannya adalah “terus berkarya dan semangat untuk memberikan kemanfaatan yang lebih kepada sesama. Harapan untuk para dosen muda yang lain teruslah berkarya, berinovasi, dan terus belajar sehingga bisa memberikan kebermanfaat bagi masyarakat dan negara.”


Author: Alsya Firdausi Nuzula

Editor: Qurrota A’yuni